1.10.2009

Mandriva 2009 telah Rilis


Tepat setengah tahun setelah lahirnya Mandriva 2008.1 Spring, hari ini Mandriva Linux 2009.0 resmi diluncurkan. Menurut berita rilis dari penerbitnya, Mandriva Linux 2009 secara teknis membawa banyak perbaikan dan peningkatan dibandingkan versi 2008 sebelumnya. Perubahan terpenting adalah peningkatan kecepatan proses boot, dukungan lebih baik terhadap NetBooks serta mengganti bootsplash dengan Splashy untuk penampilan grafis saat booting

Driver ath5k menggantikan madwifi guna mendukung kartu WLAN yang pada umumnya menggunakan Atheros. Driver baru ini disebutkan memiliki kelebihan yaitu sepenuhnya menggunakan kode pemrograman HAL yang berlisensi bebas, sementara madwifi masih merupakan program proprietari. Driver baru lainnya adalah atl1e yang dibutuhkan untuk kebanyakan tipe Netbooks seperti Asus-Eee.

Kecuali itu Mandriva juga mengintegrasikan driver untuk sis-imedia yang diperlukan untuk dua jenis chipset grafis asal SiS. Dukungan Mandriva Linux 2009 untuk chipset grafis G41 keluaran Intel tidak dilupakan, dan memperbaiki driver untuk ATI dan Nvidia agar ia mampu mendukung chipset generasi terkini.

Theme 'Ia Ora' yang merupakan tampilan khas Mandriva, kini diterapkan untuk KDE 4. Versi Kernel yang dikemas adalah 2.6.27, dan Firefox 2 diganti dengan Firefox 3. DrakX juga ditingkatkan dengan penambahan beberapa fungsi baru.

Sofware utama yang diperbaharui termasuk X.org 7.3, KDE 4.1.2 dan 3.5.10, GNOME 2.24, OpenOffice.org 3.0, PulseAudio dan banyak lainnya.

Hardware Requirements
  • Processor: Any Intel®, AMD or VIA processor.
  • RAM: 512MB minimum, 1GB recommended.
  • Hard disk: 2GB minimum, 6GB recommended.
  • Graphics card: NVIDIA®, ATITM, Intel®, SiS, Matrox,VIA. 3D desktop functionality requires an NVIDIA GeForce (up to 8800), ATITM Radeon 7000 to HD 3870, or Intel® i845 to x4500HD.
  • 3D acceleration is supported on most capable hardware. For more details, check the hardware compatibility database (http://hcl.mandriva.com).
  • Sound cards: All Sound Blaster, AC97 and HDA compatible cards are supported. Note: Creative Labs X-Fi cards are not currently supported.
  • DVD drive required.
  • SATA, IDE, SCSI, SAS: most controllers are supported in non-RAID mode, and some are supported in RAID mode.

sumber:http://gudanglinux.com


5 komentar:

Anonim mengatakan...

hahahahaha

Anonim mengatakan...

ship oie...........
mandriva gt loh.........

Anonim mengatakan...

Wah...
Boleh di coba tuh...

Anonim mengatakan...

bravo.............

Anonim mengatakan...

ane dah coba pake live cd-nya tp giliran mo di shut down koq ga mati2 ya...???

Posting Komentar

Your IP Address

 

hanya untuk mengisi waktu luang. Copyright 2009 by justjoez